Jumat, 20 Oktober 2023

JURNAL PEMBELAJARAN DARING MODUL 1.1

 

JURNAL PEMBELAJARAN DARING CGP A-9

MODUL 1.1

 

Petunjuk Penulisan Jurnal Daring CGP:

1.   Singkat dan jelas, cukup kalimat yang menggambarkan rangkuman isi modul yang dipelajari

2.   Jangan gunakan kata “Saya” ganti dengan kata “CGP”

3.   Formatnya sesuai dengan format yang dibrikan ini

 

Nama CGP     : SUMI JUARIAH

Asal Sekolah : UPTD SMPN 1 DARANGDAN

                                                                                                          

1.   Mulai dari diri

Rangkuman ataupun benang merah pada kegiatan sesi ini:

CGP dapat berdialog dengan dirinya sendiri untuk menemukan pemikiran mendasar Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan peran CGP sebagai pendidik

 

 

Hal yang menarik :

CGP dapat membuat blog sesuai penugasan yang terarah terkait reflektif kritis, harapan dan ekspektasi terkait pemikiran Ki Hajar Dewantara

 

Komentar CGP terhadap aktivitas atau materi yang dipelajari:

Sesi ini CGP sangat bersemangat dalam menulis blog karena sesuai dengan hobby nya, pertanyaan yang mudah dipahami dan fasilitator yang selalu memberi dorongan melalui masukannya yang membangun membuat CGP pantang menyerah dalam mengikuti pelatihan CGP.

 

 

2.   Eksplorasi Konsep

Rangkuman ataupun benang merah pada kegiatan sesi ini:

Sesi ini CGP sudah melakukan proses pengisian tugas sesuai petunjuk penugasan, CGP sudah melalui tahap-tahap penugasan dengan baik, serta dengan membuat intisari melalui rekaman audio dan di upload melalui laman LMS.

 

Hal yang menarik :

CGP sudah berusaha mengembangkan murid melalui pemenuhan fasilitas, minat dan bakat sesuai kebutuhan masing-masing murid.

 

Komentar CGP terhadap aktivitas atau materi yang dipelajari:

Banyak hal baru yang didapat oleh CGP setelah melakukan pengisian penugasan serta saling berkomentar di kolom NOTES dan QUESTIONS

 

 

 

3.   Ruang Kolaborasi 1

Rangkuman ataupun benang merah pada kegiatan sesi ini:

Hasil kolaborasi dalam menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya, sosio-kultural menjadi dasar pengetahuan dan pengalaman baru dalam merefleksikan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid.

 

 

Hal yang menarik :

CGP dapat berpartisipasi baik dalam ruang kolaborasi serta aktif mengemukakan pendapat megenai nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid.

 

Komentar CGP terhadap aktivitas atau materi yang dipelajari:

Secara umum tugas yang dikerjakan telah sesuai dengan pertanyaan panduan yang diberikan. Hal ini terlihat dari jawaban yang memuat konteks sosio-kultural di daerah asal yang sejalan dengan pemkiran KHD.

 

 

4.   Ruang Kolaborasi 2

Rangkuman ataupun benang merah pada kegiatan sesi ini:

Pada sesi ini adalah presentasi kelompok yang dimana CGP mendapat peran sebagai penanya, ada 4 pertanyaan yang sampaikan dan di jawab semua oleh kelompok lain, masukan yang bermakna menjadi motivasi yang berharga bagi kelompok kami. Sesi ini semakin mendalami implementasi pemikiran KHD yang harus diterapkan di sekolah.

 

 

Hal yang menarik :

CGP dan anggota kelompok lain bersemangat dalam presentasi, saling membantu satu sama lain, diskusi kelompok lebih terarah dan mengenal lebih jauh anggota kelompok B1

 

Komentar CGP terhadap aktivitas atau materi yang dipelajari:

Cara unggah tugas sesuai dengan petunjuk pengerjaan, masukan yang diberikan fasilitator sangat membangun, tampilan presentasi sangat menarik dan mudah dipahami

 

 

 

5.   Demonstrasi Kontekstual

Rangkuman ataupun benang merah pada kegiatan sesi ini:

Refleksi filosofi Ki Hajar Dewantara di tuangkan dalam video dan di share melalui channel youtube CGP dan upload video melalui LMS.

 

Hal yang menarik :

CGP dapat menguraikan materi filosofi KDH dengan aksi konkret di sekolah CGP melalui channel youtube dan berbagi praktik baik kepada CGP lain terkiat pembelajaran yang berpusat pada murid.

 

Komentar CGP terhadap aktivitas atau materi yang dipelajari:

Secara umum penugasan dilaksanakan dengan sebaik mungkin dan mengandung makna yang dalam terkait filosofi pendidikan KHD.

 

6.    Elaborasi Pemahaman

 

Rangkuman ataupun benang merah pada kegiatan sesi ini:

CGP menuliskan pertanyaan yang ditujukan untuk instruktur terkait modul 1.1 pada laman LMS yang sudah disediakan

 

Hal yang menarik :

Pertanyaan terkait dengan peran guru dan cara meningkatkan motivasi siswa SMP di era sekarang agar siswa mau berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

 

Komentar CGP terhadap aktivitas atau materi yang dipelajari:

Selama sesi elaborasi pemahaman CGP mengikuti rangkaian dengan baik sebagai pendengar yang aktif

 

 

 

7.    Koneksi Antar Materi

Rangkuman ataupun benang merah pada kegiatan sesi ini:

Secara umum kesimpulan yang di buat telah menggambarkan keseluruhan pengalaman belajar CGP.

 

Hal yang menarik :

Dalam bentuk video CGP mampu merefleksikan pembelajaran sesuai dengan pengalaman

 

Komentar CGP terhadap aktivitas atau materi yang dipelajari:

Selama sesi koneksi antar materi CGP aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan fasilitator.

 

8.    Aksi Nyata

Rangkuman ataupun benang merah pada kegiatan sesi ini:

Aksi nyata pada modul 1.1 terkait penerapan pemikiran KHD yang telah dilakukan oleh CGP di dokumentasikan dalam bentuk video yang menarik dan di upload melalui channel youtube pribadi. Inti dari video yang di unggah adalah praktik baik penerapan KHD di dalam kelas, selain itu implementasi menuntun pembelajaran yang lebih berpusat pada murid.

 

Hal yang menarik :

Dampak yang dirasakan CGP setelah mengimlementasikan filosofi pendidikan KHD ini adalah meningkatnya partisipasi murid dalam kerjasama antar kelompok, kedekatan murid dengan guru selama proses pembelajaran. Aksi nyata ini terbukti memberikan dampak besar dalam mewujudkan pembelajaran yang memerdekakan.

 

 

Komentar CGP terhadap aktivitas atau materi yang dipelajari:

Dampak yang dirasakan CGP setelah mengimlementasikan filosofi pendidikan KHD ini adalah meningkatnya partisipasi murid dalam kerjasama antar kelompok, kedekatan murid dengan guru selama proses pembelajaran. Aksi nyata ini terbukti memberikan dampak besar dalam mewujudkan pembelajaran yang memerdekakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AKSI NYATA BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH MODUL 1.4

  PENERAPAN BUDAYA POSITIF DI SMPN 1 DARANGDAN                                              Oleh : Sumi Juariah, S.Pd                     ...