JURNAL PEMBELAJARAN
DARING CGP A-9
MODUL
1.1
Petunjuk
Penulisan Jurnal Daring CGP:
1.
Singkat dan jelas, cukup
kalimat yang
menggambarkan rangkuman isi modul yang dipelajari
2.
Jangan gunakan kata “Saya” ganti
dengan kata “CGP”
3.
Formatnya sesuai
dengan format yang dibrikan ini
Nama
CGP : SUMI
JUARIAH
Asal
Sekolah : UPTD
SMPN 1 DARANGDAN
1.
Mulai dari diri
Rangkuman
ataupun benang merah pada kegiatan sesi ini:
CGP dapat berdialog dengan dirinya
sendiri untuk menemukan pemikiran mendasar Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya
dengan peran CGP sebagai pendidik
Hal
yang menarik :
CGP dapat membuat blog
sesuai penugasan yang terarah terkait reflektif kritis, harapan dan ekspektasi
terkait pemikiran Ki Hajar Dewantara
Komentar
CGP terhadap aktivitas atau materi yang dipelajari:
Sesi ini CGP sangat bersemangat dalam menulis
blog karena sesuai dengan hobby nya, pertanyaan yang mudah dipahami dan
fasilitator yang selalu memberi dorongan melalui masukannya yang membangun
membuat CGP pantang menyerah dalam mengikuti pelatihan CGP.
2.
Eksplorasi Konsep
Rangkuman
ataupun benang merah pada kegiatan sesi ini:
Sesi ini CGP sudah melakukan
proses pengisian tugas sesuai petunjuk penugasan, CGP sudah melalui tahap-tahap
penugasan dengan baik, serta dengan membuat intisari melalui rekaman audio dan
di upload melalui laman LMS.
Hal
yang menarik :
CGP sudah berusaha
mengembangkan murid melalui pemenuhan fasilitas, minat dan bakat sesuai
kebutuhan masing-masing murid.
Komentar
CGP terhadap aktivitas atau materi yang dipelajari:
Banyak hal baru
yang didapat oleh CGP setelah melakukan pengisian penugasan serta saling
berkomentar di kolom NOTES dan QUESTIONS
3.
Ruang Kolaborasi 1
Rangkuman
ataupun benang merah pada kegiatan sesi ini:
Hasil kolaborasi dalam
menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya, sosio-kultural menjadi dasar
pengetahuan dan pengalaman baru dalam merefleksikan pemikiran Ki Hadjar
Dewantara dalam mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid.
Hal
yang menarik :
CGP dapat berpartisipasi
baik dalam ruang kolaborasi serta aktif mengemukakan pendapat megenai
nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan
karakter murid.
Komentar
CGP terhadap aktivitas atau materi yang dipelajari:
Secara
umum tugas yang dikerjakan telah sesuai dengan pertanyaan panduan yang
diberikan. Hal ini terlihat dari jawaban yang memuat konteks sosio-kultural di daerah asal yang sejalan dengan pemkiran KHD.
4.
Ruang Kolaborasi 2
Rangkuman
ataupun benang merah pada kegiatan sesi ini:
Pada sesi ini adalah
presentasi kelompok yang dimana CGP mendapat peran sebagai penanya, ada 4
pertanyaan yang sampaikan dan di jawab semua oleh kelompok lain, masukan yang
bermakna menjadi motivasi yang berharga bagi kelompok kami. Sesi ini semakin
mendalami implementasi pemikiran KHD yang harus diterapkan di sekolah.
Hal
yang menarik :
CGP dan anggota kelompok
lain bersemangat dalam presentasi, saling membantu satu sama lain, diskusi
kelompok lebih terarah dan mengenal lebih jauh anggota kelompok B1
Komentar
CGP terhadap aktivitas atau materi yang dipelajari:
Cara unggah tugas sesuai dengan petunjuk
pengerjaan, masukan yang diberikan fasilitator sangat membangun, tampilan
presentasi sangat menarik dan mudah dipahami
5.
Demonstrasi Kontekstual
Rangkuman
ataupun benang merah pada kegiatan sesi ini:
Refleksi filosofi Ki Hajar
Dewantara di tuangkan dalam video dan di share melalui channel youtube CGP dan
upload video melalui LMS.
Hal
yang menarik :
CGP dapat menguraikan materi
filosofi KDH dengan aksi konkret di sekolah CGP melalui channel youtube dan
berbagi praktik baik kepada CGP lain terkiat pembelajaran yang berpusat pada
murid.
Komentar
CGP terhadap aktivitas atau materi yang dipelajari:
Secara umum
penugasan dilaksanakan dengan sebaik mungkin dan mengandung makna yang dalam
terkait filosofi pendidikan KHD.
6.
Elaborasi Pemahaman
Rangkuman ataupun benang merah pada kegiatan sesi ini:
CGP menuliskan pertanyaan yang ditujukan untuk instruktur terkait modul
1.1 pada laman LMS yang sudah disediakan
Hal yang menarik :
Pertanyaan terkait dengan peran guru dan cara meningkatkan motivasi
siswa SMP di era sekarang agar siswa mau berpartisipasi aktif dalam
pembelajaran.
Komentar CGP terhadap aktivitas atau materi yang
dipelajari:
Selama
sesi elaborasi pemahaman CGP mengikuti rangkaian dengan baik sebagai pendengar
yang aktif
7.
Koneksi Antar Materi
Rangkuman ataupun benang merah pada kegiatan sesi ini:
Secara umum kesimpulan yang di buat telah menggambarkan keseluruhan
pengalaman belajar CGP.
Hal yang menarik :
Dalam bentuk video CGP mampu merefleksikan pembelajaran sesuai dengan
pengalaman
Komentar CGP terhadap aktivitas atau materi yang
dipelajari:
Selama
sesi koneksi antar materi CGP aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan yang
diajukan fasilitator.
8.
Aksi Nyata
Rangkuman ataupun benang merah pada kegiatan sesi ini:
Aksi nyata pada modul 1.1 terkait penerapan pemikiran KHD yang telah
dilakukan oleh CGP di dokumentasikan dalam bentuk video yang menarik dan di
upload melalui channel youtube pribadi. Inti dari video yang di unggah adalah
praktik baik penerapan KHD di dalam kelas, selain itu implementasi menuntun
pembelajaran yang lebih berpusat pada murid.
Hal yang menarik :
Dampak yang dirasakan CGP setelah mengimlementasikan filosofi pendidikan
KHD ini adalah meningkatnya partisipasi murid dalam kerjasama antar kelompok,
kedekatan murid dengan guru selama proses pembelajaran. Aksi nyata ini terbukti
memberikan dampak besar dalam mewujudkan pembelajaran yang memerdekakan.
Komentar CGP terhadap aktivitas atau materi yang
dipelajari:
Dampak yang dirasakan CGP
setelah mengimlementasikan filosofi pendidikan KHD ini adalah meningkatnya
partisipasi murid dalam kerjasama antar kelompok, kedekatan murid dengan guru selama
proses pembelajaran. Aksi nyata ini terbukti memberikan dampak besar dalam
mewujudkan pembelajaran yang memerdekakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar